Sabtu, 29 April 2017

PERINGATAN HUT PEMASYARAKATAN 53 TAHUN 2017 NUSAKAMBANGAN

Menyambut HUT Pemasyarakatan ke-53, Nusakambangan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yang melibatkan petugas dan Warga Binaan se-Nusakambangan dan Cilacap. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya lomba-lomba, donor darah, jalan sehat, dan upacara peringatan HUT Pemasyarakatan.
 

 
Senin-selasa, 17-18 April 2017 bertempat di Lapas Kembang Kuning dilaksanakan Lomba Futsal antar Warga Binaan se-Nusakambangan dan Cilacap. Dengan sistem gugur dan waktu kotor 2x15 menit, para Warga Binaan berkompetisi dengan sehat dan dalam keadaan aman. Keluar sebagai juara 1 adalah Tim Futsal dari Lapas Permisan. Pada Hari Selasa 18 April 2017 juga dilaksanakan Lomba Tenis Meja bagi Pegawai di Lapas Narkotika Nusakambangan.


Rabu, 19 April 2017 dilaksanakan Lomba Voli antar Pegawai se-Nusakambangan Cilacap di GOR Lapas Besi. Pertandingan berlangsung seru, terlihat antusiasme para pegawai dalam mengikuti kegiatan tersebut. Tim Voli Lapas Permisan kembali mendapatkan Juara 1.


Kamis, 20 April 2017 diselenggarakan 2 kegiatan yaitu Khataman Al-Quran bersama Warga Binaan di Lapas Batu dan Lomba Bulu Tangkis Warga Binaan di Lapas Narkotika Nusakambangan. Khataman Al-Quran bersama Warga Binaan tersebut dilaksanakan secara serentak di Seluruh Indonesia untuk memecahkan Rekor Muri dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ini, sedangkan di Nusakambangan sendiri setiap Lapas mengirimkan perwakilannya untuk dipusatkan di Lapas Batu.

Jumat 21 April 2017, dilaksanakan Lomba-lomba Tradisional di Lapas Batu dan setiap Lapas mengirimkan perwakilan Warga Binaan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Lomba Tradisional yang dilombakan antara lain tarik tambang, balap karung, tangkap bebek, dan catur.




Kagiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kab Cilacap, berlangsung pada hari Sabtu (22/4) di Dermaga Sodong Nusakambangan bagi para pegawai. "Kami harapkan kegiatan donor darah dari petugas/pegawai Nusakambangan ini dapat membantu menambah persediaan darah di daerah Cilacap khususnya, intinya kita niatkan untuk membantu sesama" ujar Kabid Kamtib Lapas Batu, Bp. Kodir.

26 April 2017 dilangsungkan Gerak Jalan Sehat dengan rute Start di Lapas Terbuka Nusakambangan dan Finish di Lapas Batu. Gerak Jalan ini diikuti oleh petugas dan keluarga UPT Pemasyarakatan  se-Nusakambangan dan Cilacap dengan sponsor Doorprise dari BRI Cilacap dan PT. Holcim Tbk Cilacap.




Puncaknya pada hari Kamis 27 April 2017 diselenggarakan Upacara Peringatan HUT Pemasyarakatan ke-53 di Dermaga Sodong Nusakambangan. Diikuti oleh seluruh Petugas Pemasyarakatan se-Nusakambanbgan dan Cilacap serta tamu undangan beliau Bupati Cilacap, Kepala Polres Cilacap, Dandim Cilacap, Kepala BNNK Cilacap, RSUD Cilacap, PT. Holcim Cilacap, BRI Cilacap, dan Dinas terkait. Dalam upacara ini dilakukan pula penandatanganan MoU oleh Kalapas Batu selaku Koordinator Lapas se-Nusakambangan dengan Intansi Undangan dalam upaya penyelenggaraan Birokrasi yang lebih baik diantaranya dengan komitmen pemberantasan Narkoba dan Pelayanan Masyarakat yang berkualitas.

 "Di HUT Pemasyarakatan ke-53 ini kami harapkan Pemasyarakatan bisa lebih baik, Revolusi Mental benar-benar harus digalakan kepada seluruh Lapisan Jajaran Pemasyarakatan agar kita bisa benar-benar mewujudkan Zero Halinar di Lembaga Pemasayarakatan dan Rutan" ungkap Bp. Aris, Kalapas Batu.